Senin, 01 Agustus 2011

Menelusuri Mutu Pendidikan SMA Negeri Model Terpadu Madani Sulawesi Tengah

Palu-(Sultengnewsroom)- Kepala Sekolah SMA Negeri Model Terpadu Madani Sulawesi Tengah Drs. Ibrahim Janat, M.Pd yang ditemui di ruang kerjanya Jum’at, 10/6, menjelaskan secara ringkas tentang Pengertian SMA Negeri Model Terpadu Madani.

Yang dimaksud pengertian Model adalah Model pembelajaran kepada para siswa dan para tenaga pendidik yang berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya. Jadi bukan mengartikan cara penampilan berpakaian.

Kemudian Pengertian Terpadu, adalah dalam satu kompleks area ini terdiri dari Sekolah TK Model Terpadu Madani, SD Negeri Model Terpadu Madani, SMP Negeri Model Terpadu Madani dan SMA Negeri Model Terpadu Madani. . Sedangkan pemberian nama Madani, menurut Ibrahim, ini diberikan oleh pendiri Sekolah Terpadu bapak Prof (Em) Aminuddin Ponulele, MS. Mantan Gubenur Sulawesi Tengah agar alumni siswa ini diharapkan sebagai cikal bakal untuk menuju masyarakat yang Madani, yang taat pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia yang tercinta ini.

Menurut Ibrahim, Proses pembelajaran pada SMA Negeri Model Terpadu Madani sangat ditekankan pada kejujuran dan nilai objektifitas. Hasil Ujian semester benar-benar harus berdasarkan apa yang dicapai oleh para siswa. Tidak diperkenankan para guru untuk menambah-nambah nilai, sehingga dengan demikian para siswa termotivasi untuk meningkatkan cara belajar yang baik dan benar.

Dalam hal penerimaan Siswa Baru, calon siswa harus memiliki nilai raport minimal 7,5 baru bisa mengikuti Ujian Penerimaan Siswa Baru. Sedangkan mengenai Tenaga Pendidik pada SMA Negeri Model Terpadu Madani adalah tenaga-tenaga pendidik pasca Sarjana (S2) yang berkualitas hasil seleksi dari 10 Kabupaten dan 1 Kota yang seleksinya dilakukan oleh Dinas Pendidikan Daerah Propinsi Sulawesi Tengah..

Peningkatan sarana dan prasarana, menurut Ibrahim pembiayaannya bersumber dari dana APBN dan APBD, namun sebagaian besar dana yang digunakan adalah dana APBD Propinsi.karena SMA Negeri Model Terpadu Madani statusnya berada pada kendali Dinas Pendidikan Daerah Propinsi Sulawesi Tengah.

Menurut Ibrahim, SMA Negeri Model Terpadu Madani di Indonesia hanya ada 3 (tiga) yakni di Propinsi Sulawesi Tengah, Propinsi Papua dan Propinsi Kalimantan Timur. Sedangkan Di Sulawesi Tengah didirikan pada tahun 2004 dan penerimaan Siswa baru dimulai tahun 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar